Senin, 22 Juli 2013

Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja
Persiapan dan Tips Wawancara Kerja Biasanya, sebelum wawancara kerja, calon karyawan akan dihubungi beberapa hari sebelumnya. Nah, saatnya Anda menyiapkan pakaian yang sekiranya cocok untuk wawancara kerja. Coba lakukan simulasi dengan orang terdekat Anda yang bisa memberikan masukan apa yang mesti diperbaiki. 

Hal hal yang perlu dipersiapkan sebelum wawancara kerja, Coba lakukan tanya jawab dengan pertanyaan-pertanyaan seputar diri Anda dan lainnya. Atau, untuk lebih baiknya lagi, rekam diri Anda saat sedang berlatih, lalu tonton lagi dan perbaiki sikap-sikap atau cara penyampaian yang kurang.


Tes wawancara adalah merupakan dari serangkaian proses ujian untuk melamar pekerjaan. Karena memang untuk bisa lulus dalam melamar pekerjaan ada beberapa bagian dan juga test yang harus dilampaui dengan baik sehingga bisa lolos dan masuk dalam pekerjaan dan bidang yang diinginkan.
Bagaimana cara melakukan kegiatan wawancara dengan baik dan benar? serta aspek apa saja yang perlu di perhatikan saat kita hendak melakukan proses wanwancara? Kegiatan wawancara sebenarnya menjadi efektif dan efisien apabila Anda mengetahui teknik dan rencana wawancara dengan benar. Teknik wawancara bermacam-macam. Jika Anda melakukan wawancara terhadap seseorang, Anda dapat memakai teknik individual atau perorangan. Kegiatan wawancara ini bisa sedikit berbeda tergantung pada orang, tempat, waktu, dan hal yang dibicarakan.

Persiapan Sebelum Wawancara Kerja

Pastikan pakaian yang Anda kenakan cukup sopan, nyaman, dan tidak berlebihan. Hindari pakaian berpotongan terlalu terbuka.

Tips Wawancara Kerja

Perlengkapan
Ingat-ingat isi dari resume Anda. Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri dan apa yang cocok untuk perusahaan. Sebaiknya membawa salinan CV dan surat lamaran, jika ada, bawa juga portfolio hasil kerja Anda. Bawa pula alat tulis, jika diperlukan, Anda tidak merepotkan si pewawancara.
Latar Belakang
Pastikan Anda mengetahui latar belakang perusahaan yang dituju sebaik mungkin. Lakukan riset kecil-kecilan agar perusahaan yang Anda tuju tak perlu menjelaskan kembali dengan panjang lebar. Ini pun bisa menjadi nilai tambah untuk Anda.

Tips Wawancara Kerja

Tenangkan Diri
Malam sebelum wawancara kerja, pastikan Anda mendapat cukup istirahat. Pasang alarm supaya tidak kesiangan. Pastikan untuk bangun lebih awal, supaya cukup waktu untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat. Paginya, jangan lupa untuk sarapan dan memastikan perut Anda tidak terlalu penuh untuk menghindari ingin ke toilet di menit-menit terakhir. Tenangkan diri dengan mengambil napas dari udara segar. Usahakan untuk datang sebelum waktu yang ditentukan. Dengan begini, Anda bisa menenangkan diri sambil duduk atau touch up di toilet. Pastikan make up Anda tidak berantakan, cukup sederhana, tidak berlebihan. Cek pula nafas dan aroma tubuh.

Tips Wawancara Kerja

Saat Wawancara
Di saat ini, yang bisa Anda lakukan hanyalah menjadi diri sendiri. Perhatikan bahasa tubuh Anda. Coba pikirkan wawancara kerja ini seperti kencan pertama. Komunikasi harus dua arah, setelah diberikan kesempatan untuk bertanya, bertanyalah seputar perusahaan dan jabatan yang dituju.
Jangan takut jika tiba-tiba suasana menjadi hening. Salah satu teknik yang suka digunakan pewawancara adalah adanya suasana yang mendadak hening. Terkadang ini dilakukan untuk melihat apakah Anda akan merasa kecil dan terpojok, lalu bicara ngalor ngidul. Cukup jawab setiap pertanyaan selengkap dan sepadat mungkin. Jika Anda merasa jawabannya sudah cukup, berhentilah, senyum, tunggu pertanyaan selanjutnya. Semoga berhasil! Tips wawancara kerja
Biasanya tes wawancara kerja di perusahaan besar dilakukan minimal 2x : yang pertama interview dengan psikolog , yang ke dua dengan user. Dan biasanya akan dilanjutkan interview dengan jajaran manajemen (direksi), biasanya ini untuk level pengembangan staff (PPS) atau MT , Apakah anda mau kiat-kiat sukses wawancara kerja?
  1. Bagaimana cara berjabat tangan yang memberikan kesan positif kepada pewawancara ?
  2. Bagaimana cara menjawab pertanyaan pewawancara (interviewer) dengan mudah & Mengesankan ?
  3. Hal-hal yang harus anda hindari selama wawancara kerja !
  4. Bagaimana tip dan trik menjawab pertanyaan jebakan saat wawancara?
  5. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan pencari kerja Saat Wawancara Kerja, dan bagaimana menghindarinya ?
  6. Teknik mengakhiri wawancara kerja secara mengesankan.
  7. Dan Materi dasyat Lainnya yang komplit, yang akan membantu dalam kesuksesan karir anda. Ingat hanya disini,  Yang tidak ada temukan di tempat lain.
Ingat wawancara kerja ibarat perjuangan anda yang hampir finish, jangan hilangkan kesempatan emas anda. Ayo raih sukses impian anda, dapatkan tips wawancara kerja .

1 komentar: